Minggu, 05 Desember 2010

Berandalz Terhormat dan Tamparan Pak Mamat


Riwayat manusia telah terpatri dalam baid baid illahi dalam reka ciptaan kausal memenuhi jagad raya. Detik dan nafas kehidupan mengalir lancar bak air di sungai Nil. Semuanya mengalir dalam lingkaran gulungan gerak fantastis dan gelegar penciptaan akan selalu ada. Tapi, gerak keajaiban selalu muncul disuatu masa, sebagai tanda bergesernya suatu tatanan demi terciptanya keseimbangan. Proses kehidupan terus berlangsung disegala lini mengikuti garis takdir sang kuasa.
Pagi itu langit Jogja terlihat indah, terlihat luas, langit yang warna-warni bermandian cahaya, seperti tak berhenti memberi tanda betapa maha dahsyatnya ciptaan sang khaliq. Disatu sisi dan disisi lain sebuah bola api raksasa kembali muncul dari belahan bumi timur. Berjalan ke atas dengan gerakan santai, tak memberikan aroma keangkuhan. Bola api itu melesat teratur mengikuti rambu-rambu tuhan-Nya. Wa percaya, yang wa lihat dan wa rasakan ini telah diatur dan ditakdirkan oleh yang kuasa, termasuk wa yang saat itu duduk terpaku di depan mesin ketik.
Suasana kamar seperti hari-hari sebelumnya, diam sunyi berantakan, hanya sounds kipas yang sesekali berdetak sumbang memecah kesunyian ruang hampa itu. Di saentero kamar bertaburan beberapa barang-barang tak berwajah, lusuh, kusut, berantakan.
Dua bola mata wa masih berkeliaran di sekitar layar komputer, sesaat terdiam mengarah ke satu gambar yang di-download kemaren sore. Satu tangan setia memeluk mouse kecil dan satunya lagi memegang sebuah buku besar mahakarya Edwar W Said dalam balutan Orientalisme.
Wa memainkan bola mata sembari membuka gambar tersebut. Rasa takjub dan salut melebur menjadi satu unsur yang tak akan kendur walaupun terkena lumpur. Sungguh belum pernah mata wa melihat pemandangan seperti ini:
Ternyata masih ada gelandangan kota yang peduli terhadap ilmu, peduli terhadap perkembangan teknologi. Saat itu wa mulai membayangkan “mereka aja yang hidup kumuh tak teratur, masih sempat menyisipkan sebagian waktu untuk belajar, sedangkan kita, bahkan wa sendiri, yang kerjaanya hanya kuliah kuliah dan kuliah, masih bisa mengucapkan kata malas, bosan dan nanti dan nanti”. Wa berfikir, pasti bonyok di rumah selalu beranggapan bahwa anaknya yang di sebrang sana, saat ini dan detik ini sedang belajar dengan taatnya. Tapi semua prasangka itu terbantahkan. Mungkin melalui gambar yang istimewa ini otak wa yang eror akan mendapatkan asupan gizi yang halalan toyyiba. wa membayangkan “manusia seperti dia bisa melakukan hal-hal yang bermanfaat, mengapa gua g’”.
Setiap manusia diberikan sebuah alat yang maha dasy…
Tunut..tunut..tunut..
Bentar handphone wa bunyi, wa angkat bentar,.
Wa : Hallo,..salamualikum
Orang yang belum wa kenal : wa’lakum salam, lo sehat can?
Wa : sehat alhmdulillah, ni siapa ya?
Orang yang belum wa kenal : ini gua, abang lo, Doni
Wa : oo lo bang, gimana kabarnya?
Bang Doni : sehat can, hehehe
Wa : g’ ada angin g’ ada hujan, koq ada telfon hehee.. ada apa ni bang? tumben amet?
Bang Doni : ini can, gu mau nanya, di Jogja ada peluang buat usaha g’?
Wa : emang abang mau buka usaha apa?
Bang Doni : usaha apa ya? Yaa usaha, wa binggung nih can, apalagi wa g’ punya skill.
Wa : bang berani g’ ke Jogja?
Bang doni : gimana ya can?
Wa : yaudah, gini aja, mending abang mikir lagi dech,.
Bang doni : okay deh, makasih can, slamualikum..
Tut..tut..tut
Okay cerita wa sambung,
            Dahsyat, alat ini mampu menembus setiap ruang yang belum dicerna dan diamati oleh siapapun, alat ini yang membedakan manusia dengan mahluk lain, alat ini yang mampu membuat kita berfikir bahwa tuhan itu benar-benar ada, pahami ciptaanya dan jangan pernah memahami zat-Nya.
            Wa masih mengamati foto berandalz tadi dengan seksama. Sikap takjub kembali mencuat. Benar, mereka adalah berandalz terhormat, akan tetapi…

Bentar lagi,.sory boanget brow, ni ada yang ngetok pintu kamar wa,.

Wa : yoop,,, bentar……….ehh pak mamat (PM)
PM : maaf ganggu nak iksan
Wa : oohh g’ papa pak mamat, ono opo yo pak?
PM : oleh nyileh pulpene toh?
Wa : oo enggeh pak!! Oy di jogja ini bagusnya buat usaha apa ya pak?
PM : nak iksan mau buka usaha ya? wah bagus itu,.
Wa : bukan saya pak, ada temen dari Jakarta
PM : emang dia punya skill dibidang apa?
Wa : boten ngertos aq pak,
PM : dia punya nyali g’?
Wa : boten ngertos lagi pak,
PM : nak iksan ini gimana to? Jawabnya boten ngertos boten ngertos mulu
Wa : yaa emang saya belum tau pak,.
PM : gini lo nak iksan, Vino G Bastian pernah berkata “ lo punya nyali g’ untuk kerja? Lo punya kemauan g’ untuk berkarya? Masalah Skill mah jangan terlalu dipikirkan, karna skill bisa dibentuk di lapangan”. Itu yang pernah bapak tonton di televisi. Bayangkan, bumi gusti Allah ini luas, binatang aja yang g’ punya otak bisa hidup, mengapa manusia tidak? Kita diberi otak untuk mencerna sesuatu, katakan itu ama abang nak iksan.
Wa : (Buseet..keras juga ni tamparan) enggeh pak mamat, ntar tak bilangin,,
…….
Dua menit berselang,.
Sorry, kelihatanya banyak gangguan untuk memenuhi coretan coretan ini. yaudah, sing penting mau berusaha dan selalu berdo’a. udah dulu ya, wa mau mandi, bau juga ni badan.

Yogyakarta, 29 juli 2010

2 komentar:

  1. waah... nulisnya sama disambi-sambi ya mas...

    BalasHapus
  2. kereen.... nulis sa' sa'e..

    BalasHapus